tips

Cara Mengatur Lens Shift dan Keystone Pada Proyektor

Cara Mengatur Lens Shift dan Keystone Pada Proyektor

Saat ini menyiapkan proyektor video serta layar menjadi tugas yang sangat mudah, Anda hanya perlu memasang proyektor dan layar dengan pengaturan yang tepat. Namun, setelah semua set siap, Anda mungkin merasa jika gambar yang tampil tidak sesuai posisinya atau bentuk gambarnya terlihat tidak persegi.

Meskipun semua tipe proyektor memiliki fitur zoom dan juga focus yang bisa membantu untuk memperoleh gambar jernih dan tajam dengan ukuran yang diinginkan sewa lcd proyektor semarang, namun bila sudut lensa proyektor Anda tidak berbaris dengan baik dan benar dengan layar proyeksinya, maka gambar yang muncul sangat memungkinkan tidak sesuai. Agar tidak terjadi masallah demikian, Anda bisa memakai bracket penyesuaian yang tersedia khusus dan bisa membelinya langsung di pasaran. Selain memerhatikan hal itu, akses Lens Shift dan juga koreksi Keystone pun harus diperhatikan. Berikut ini pengertian dari Lens Shift dan Keystone beserta fungsinya:

Lens Shift

Merupakan fitur yang sangat memungkinkan Anda untuk memindahkan tampilan original dari proyektor secara horizontal, vertical maupun diagonal tanpa harus menggeser atau bahkan memindahkan seluruh proyektornya. Biasanya beberapa proyektor dibekali dengan kemampuan untuk memberikan 1-3 pilihan dengan teknik pergeseran lensa secara vertical. Tiap proyektor dengan fitur ini akan bisa mengakses tombol melalui remote control tidak heran jika proyektor dengan fitur ini dijual mahal. Fitur yang dimiliki oleh Lens Shift sangat memungkinkan penggunanya untuk menaikkan, mereposisi dan menurunkan gambar yang tengah diproyeksikan tanpa perlu mengubah sudut layar dan juga sudat proyektor.

Jadi jika permasalahan yang Anda alami hanyalah gambar yang tampil tampak condong ke satu arah, maka Anda hanya perlu mengatur ulang Lens Shift tidak perlu sampai memindahkan proyektor.

Keystone

Merupakan fitur yang bisa membantu pengguna proyektor untuk memperoleh gambar yang sesuai. Koreksi Keystone ini memang baik untuk mengatur komposisi gambar namun sayangnya koreksi dengan skala besar bisa menurunkan kualitas gambar. Jadi gunakan koreksi keystone bila Anda benar-benar membutuhkannya saja jika tidak biarkan saja proyektor bekerja sesuai kondisinya.